menu

Kamis, 23 Februari 2012

kunci orang-orang masuk surga





Identitas Buku
1.   Judul Buku : Kunci Orang-Orang Masuk Surga
2.   Pengarang : Abu Bakar SM
3.   Penerbit : AL HIKMAH Surakarta
4.   Tahun Terbit : 2007
5.   Halaman : 114 Halaman
6.   Rangkuman :
      Semua manusia menempuh berbagai alam. Yaitu dalam waktu manusia itu masih berada di dalam kandungan ibu, dan pada waktu itulah di mulainya proses kejadian manusia, yakni Allah ciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah, dari saripati itu Allah jadikan air mani yang di simpan dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Allah jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Allah jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Allah jadikan tulang belulang, lalu tulang belulahg itu Allah bungkus dengan daging. Setelah itu barulah Allah menjadikannya makhluk yang berwujud manusia.
      Sesudah sembilan bulan lamanya berada di dalam rahim ibu, yang di kandungnya dengan susah payah, penuh rasa keprihatinan, maka lahirlah manusia itu ke alam wujud dalam keadaan yang masih kecil dan lemah, tidak punya daya dan kekuatan, belum punya ilmu dan harta.
      Setelah manusia itu lahir dari kandungan sang ibu dan hidup, maka barulah manusia itu menempuh kehidupan di alam dunia. Maka mulailah manusia setelah lahir di dunia mengalami pertumbuhan yang pasti berlaku, dari kecil menjadi besar dan dari muda menjadi tua.
      Setelah manusia itu meninggal dunia, maka untuk selanjutnya ia di kuburkan, dan selanjutnya mengalami perpindahan alam lagi yaitu menempuh, kehidupan di alam kubur (barzakh).
      Ketika hari yang telah di janjikan tiba yaitu berupa Hari Kiamat. Maka Allah SWT mengumpulkan semua makhluk. Atas perintah Allah, berangkatlah semua makhluk dan terbagi menjadi tiga kelompok.
      Berangkatlah mereka pada naungan yang memiliki tiga cabang. Di naungan api yang panas itu berada di atas kepala orang-orang munafik. Kemudian asap itu berada tepat di atas kepala orang-orang kafir. Dan cahaya itu berada di atas kepalanya orang-orang mu’min.
      Apabila Allah SWT telah mengumpulkan para makhluk, maka ada pemanggil dari hadapan Allah SWT.Neraca itu di pasang sesudah mareka masuk ke surga dan di pasang menurut hitungan mereka yang masuk surga. Panjangnya bendera itu kira-kira perjalanan selama 1000 tahun dan di bendera itu tertulis sebuah kalimat. Sedangkan lebar bendera irid adalah kira-kira jarak antara langit dan bumi, gerigi- geriginya terbuat dari yaqut merah, pegangannya terbuat dari perak putih dan zabarjud yang hijau. Bendera itu mempunyai tiga kaki dari cahaya, satu kaki berada di timur, satunya lagi berada di barat dan yang lainnya berada di tengah-tengah dunia.
      Pada bendera tersebut terdapat kalimat yang panjangnya setiap baris dari kalimat itu kira-kira perjalanan 1000 tahun dan di sekitar bendera tersebut terdapat lagi sebanyak 70.000 bendera, yang di bawah masing-masing bendera tersebut terdapat 70.000 baris para malaikat.
      Al-Jurjaniy berkata : Beliau menjelaskan tentang makna bendera “Ahmad” yang di sabdakan oleh Rasulullah SAW, bahwa bendera “Ahmad” itu berada dalam kekuasaanku. Sesungguhnya apabila telah tiba hari kiamat, maka bendera itu di tancapkan di hadapan Nabi SAW.
7.   Kesimpulan :
      Proses kehidupan manusia di dunia akan berakhir dengan kematian. Di situlah manusia akan di bangkitkan guna memperhitungkan amal perbuatannya selama di dunia. Maka ketika menempuh kehidupan di alam dunia, janganlah kamu terpedaya oleh kemewahan,  kekayaaan, kesenangan, dan kenikmatan yang hanya sesaat.
      Perbuatan amal saleh atau kejahatan yang di lakukan selama di dunia akan di proses di alam akhirat dan di berlakukan hukum akhirat yang seadil-adilnya. Tidak ada hakim yang bisa di suap atau di beli begitu saja hanya untuk memenangkan perkara.
      Karena yang di perhitungkan amal saleh, walaupun hanya sebutir biji demikian berlaku juga sebaliknya. Bagi mereka berbuat kejahatan, korupsi, kolusi dan maksiat pasti akan mendapat balasan siksa yang lebih pedih.
      Bagi mereka yang berlomba-lomba dalam beriman, bertaqwa, beramal kebajikan/shaleh maka Allah SWT akan menurunkan rahmat dan ampunan untuk menuju surga dengan segala macam kenikmatan yang telah di janjikannya.

Tidak ada komentar: